Mau Ajarkan Anak Jadi Mandiri? Terapkan 6 Cara Efektif Ini
Sumber: pexels.com

Relationship / 29 June 2023

Kalangan Sendiri

Mau Ajarkan Anak Jadi Mandiri? Terapkan 6 Cara Efektif Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
1100

Sebagai orang tua, kita seringkali banyak tidak tega terhadap anak. Namun sebagai orang tua, kita juga bertanggung jawab untuk mengajarkan anak-anak kita agar kelak beranjak dewasa dengan menjadi individu yang mandiri. Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang bisa kita terapkan untuk menumbuhkan kemandirian pada diri anak:

 

BACA JUGA: 4 Cara Mengobservasi Minat Anak Dalam Masa Pertumbuhannya

 

1. Belajar dari Kesalahan

Rasa tidak nyaman atau kecewa dapat membantu anak belajar mengatasi kesulitan, merencanakan strategi, dan melakukan yang lebih baik di lain waktu. Dengan memberikan ruang bagi mereka untuk belajar dari kesalahan, kita membantu mengembangkan keterampilan problem solving dan ketahanan diri pada anak.

2. Libatkan Anak dalam Tugas Rumah Tangga

Melibatkan anak dalam tugas-tugas kecil seperti membereskan mainan, membantu menyimpan belanjaan, atau merapikan kamar dapat memberikan rasa berdaya pada mereka. Mereka akan merasa dihargai dan tanggung jawab mereka semakin berkembang.

3. Tawarkan Pilihan dan Kebebasan Sesuai Batas

Memberikan anak pilihan-pilihan seperti memilih baju, kue untuk disajikan kepada tamu, atau aktivitas yang mereka ingin lakukan, dapat membantu membangun kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab. Namun, tetaplah memberikan batasan yang sesuai agar anak tidak merasa terlalu bebas.

4. Beri Anak Kesempatan

Memberikan anak kesempatan untuk bereksplorasi tanpa terlalu banyak pengawasan dapat membantu mereka belajar mandiri. Misalnya, biarkan mereka bermain di kamar lain tanpa didampingi, memesan makanan sendiri di restoran, atau melakukan kegiatan lain yang sesuai dengan usia mereka. Pastikan keselamatan anak tetap terjaga dan sesuaikan dengan usia mereka.

5. Hindari Mengoreksi Secara Berlebihan

Terutama ketika anak sedang melakukan sesuatu sendiri, seperti merapikan kasur yang mungkin tidak rapi sempurna, tahan keinginan untuk terlalu sering mengoreksinya. Memberikan mereka kesempatan untuk mencoba dan belajar sendiri akan membantu mengembangkan kemandirian dan kepercayaan diri.

6. Atur Ruangan di Rumah untuk Melatih Kemandirian Anak

Kita juga perlu melakukan penyesuaian di rumah agar dapat membantu anak belajar mandiri. Misalnya, pastikan anak dapat mengakses wastafel dan mencuci tangan sendiri tanpa terlalu banyak bantuan. Sediakan juga piring yang aman untuk digunakan jika mereka ingin mencuci sendiri. Dengan mengatur lingkungan sekitar, kita memfasilitasi perkembangan kemandirian anak.

 

BACA JUGA: Mandiri Banget! Nastusha Diajarkan Cuci Baju Sendiri oleh Glenn Alinskie

 

Melatih kemandirian anak memang tidak selalu mudah, tetapi dengan menerapkan keenam cara di atas, kita dapat terus berusaha dalam membantu anak-anak kita. Sudahkah Anda mencoba salah satu dari cara-cara ini, Parents?

Sumber : parents.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami